HomeAkun SayaKeranjang Belanja

Cara merawat jam tangan yang baik dan benar

Cara merawat jam tangan yang baik dan benar

  1. Bersihkan jam tangan anda secara rutin sebulan sekali atau dua bulan sekali, bagaimana cara membersihkan jam tangan tersebut?:
    1. Untuk strap jam tangan berbahan dasar stainless stell

Dicuci menggunakan air hangat boleh atau dengan menggunakan air sabun, sabun yang digunakan bisa menggunakan sabun sunlight untuk cuci piring atau sabun colek. Sabun ini tidak akan berdampak negative untuk jam tangan berbahan dasar stainless malah justru akan menambah lebih kilap jam tangan tersebut. Setelah menggunakan sabun kemudian disikat menggunakan kuas halus atau sikat gigi yang sudah tidak terpakai.Yang harus diberi catatan ketika memberishkan menggunakan air baik itu sabun atau air hangat, kalau bisa selalu tutup bagian kenop dan tombol crono karena apabila tombol-tombol tersebut tidak tertutup rapat dapat membuat air masuk kedalam bagian mesin jam tangan. Perlu diperhatikan pula kaca jam tangan anda apabila pecah atau retak ataupun cuil sedikit di bagan kaca tersebut lebih baik bagian kepala jam tidak dicelup atau direndam didalam air.

  1. Untuk Staps jam tangan KULIT

Tidak bisa dicuci karena straps terbuat dari kulit,jadi cukup gunakan kuas,tissue atau kain pembersih kacamata saja untuk membersihakan kotoran-kotoran bekas keringat yang menempel di bagian body kepala jam tersebut.

  1. Untuk straps jam tangan karet/rubber/silicon

Bisa dicuci jam tangan ini, bisa menggunakan air sabun atau air hangat.kalau mau lebih efektif dan cepat bisa menggunakan isolasi/lakban yang besar cukup dilekatkan pada bagian karet jam tangan yang kotor kemudian digosok-gosokan sehingga kotoran menempel di isolasi tersebut, lakukan hal ini sampai jam tangan anda bersih.

  1. Letakkan jam tangan Anda di kotak jam yang telah tersedia sewaktu anda membeli atau masukkan di kotak jam etalase yang biasanya terdiri dari banyak kotak jam misal isi 12 atau isi 10 kotak sehingga anda dapat mengambil atau memilih jam yang anda ingin pakai secara praktis dan efisien.(kebetulan kami menyediakan kotak jam isi 12 dan isi 10, silahkan hubungi bagian marketing kami). Untuk beberapa tipe jam berbahan strapsnya dari kulit lebih baik jam tersebut tidak disimpan rapat didalam kotak sehingga harus di angin-angin ataupun kalau terpaksa jangan lupa masukkan silica gell untuk menghindari tumbuhnya jamur di kulit jam tangan anda.
  2. Selalu pantau terus jam tangan anda khususnya yang menggunakan mesin baterai. Pantau apakah jam tangan anda masih berfungsi atau tidak, mati atau tidak. Apabila sudah berhenti/mati/tidak berfungsi lebih baik langsung dibawa ke toko yang melayani service reparasi jam tangan. Hal ini untuk menghindari bocornya baterai jam tangan anda apabila dibiarkan mati terlalu lama. Apabila baterai jam tangan anda sudah bocor sangat berbahaya karena cairan baterai anda yang bocor bersifat basa apabila terkena komponen-komponen penting serperti IC(internal Condesator) ataupun kondensor akan menyebabkan kerusakan fatal. Biasaa nya kami sering menemui customer yang terlalu lama tidak mengganti baterai jam tangannya sehingga bocor terkena IC jam tangan tersebut dan tentunya biaya reparasi akan menjadi lebih mahal.
  3. Kenop/Crown jam tangan ditarik untuk membuat jam tangan berhenti

Sebenarnya hal ini adalah hal yang salah kaprah kalau boleh saya bilang karena seolah sudah menjadi hal umum apabila anda tidak menggunakan jam tangan anda lebih baik kenopnya anda tarik. Menurut saya secara pribadi hal ini lebih baik jangan dilakukan kenapa? Karena ketika keno panda tarik memang jam tangan anda akan berhenti tetapi yang berhenti tetap saja bagian mekanik roda2 dari jam tangan anda tetapi bagian eletrik seperti IC dll akan tetap berjalan karena adanya baterai yang masih hidup didalam jam anda. Kalau bisa dibiarkan jalan seperti biasa sehingga ini dapat memelihara roda2 /gear mesin jam tangan anda. Kalaupun tidak anda pakai dalam waktu yang sangat lama saran saya baterai jam tangan tersebut anda cabut.

Tidak ada produk dalam kategori ini.